Jumat, 06 Maret 2015

Manfaat Olahraga Jalan Cepat

Manfaat Olahraga Jalan Cepat

Manfaat Olarahga Jalan Cepat > Olaraga jalan cepat atau yang bahasa inggrisnya disebut Power Walking adalah metode berjalan kaki dengan kecepatan di atas rata-rata kecepatan berjalan pada umumnya yaitu sekitar 7 sampai 9 kilometer per jam. Untuk membedakannya dari jogging atau berlari, jalan cepat mengharuskan setidaknya ada satu kaki yang menapak tanah ketika berjalan, sepanjang waktu.
Jalan cepat kerap direkomendasikan oleh para ahli untuk menjadi alternatif olah raga jogging bagi mereka yang membutuhkan intensitas olah raga menengah sampai rendah, dengan detak jantung maksimal 60% sampai 80%.
Berikut Manfaat Olahraga Jalan Cepat:
  • Mengurangi risiko dan efek kanker
    Para peneliti kesehatan mengatakan bahwa jalan cepat membantu mengurangi lemak tubuh yang dapat menyebabkan kanker. Manfaat lainnya adalah jalan cepat juga mampu mengurangi efek radiasi dari pasien kanker yang menjalani kemoterapi.
  • Menguatkan Tulang
    Penurunan risiko patah tulang sebanyak 40% merupakan salah satu manfaat besar dari jalan cepat. Sebab jalan cepat dapat menguatkan tulang tubuh bagian bawah serta dapat merangsang pertumbuhan tulang.
  • Meningkatkan fungsi dan kinerja organ tubuh
    Dengan jalan cepat, kinerja berbagai organ tubuh menjadi lebih meningkat, dan kesehatan tubuh lebih baik.
  • Menyehatkan Jantung
    Jalan cepat yang dilakukan selama 90 menit dalam seminggu dapat memberikan dampak yang besar untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Sehingga kesehatan jantung Anda pun ikut meningkat.
  • Mengurangi Resiko Hipertensi dan Diabetes
    Secara ilmiah telah dibuktikan bahwa jalan cepat yang dilakukan secara rutin dapat mengontrol tekanan darah dan gula darah pada penderita diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa jalan cepat yang dilakukan selama hampir 2,5 ham per minggu mampu menurunkan risiko diabetes sebanyak 60%.
  • Meningkatkan kontrol glikemik
    Hanya dengan berjalan cepat selama 15-25 menit saja, glisemik atau glukosa darah Anda dapat terkontrol dengan baik. Sehingga kemungkinan untuk terkena diabetes pun akan berkurang.
  • Menurunkan Kadar Kolesterol
    Aktivitas rutin dan sederhana yang Anda lakukan seperti jalan cepat bisa menurunkan kadar kolesterol walaupun hanya dilakukan selama setengah jam. Jalan cepat akan meningkatkan sistem peredaran darah Anda sehingga kolesterol jahat pun dapat turun.
  • Menjaga Otak Tetap Aktif
    Menjaga tubuh agar selalu aktif merupakan cara agar otak Anda juga selalu tetap sehat. Berjalan cepat adalah salah satu caranya. Jalan cepat mampu membantu meminimalkan penurunan mental serta mencegah demensia.
  • Meremajakan Fikiran
    Jalan cepat tidak hanya mampu membantu Anda membakar kalori. Namun juga dapat meremajakan pikiran, tubuh, dan jiwa Anda. Jalan cepat akan membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi terasa lebih baik
Sumber: http://obatmaagkronisalami53.blogspot.com/2015/03/manfaat-olahraga-jalan-cepat.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar